agastrigi

Untuk Seluruh Anak Indonesia

In Uncategorized on July 24, 2010 at 9:09 am

Photo by ~Kangman

Tanggal 23 Juli kemarin diperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Berbanggalah anda yang saat ini masih berstatus sebagai anak. Bagaimana tidak? Hari yang secara sengaja didedikasikan bagi kita, anakanak Indonesia. Anakanak yang akan dan sedang membawa bangsa ini menjadi bangsa yang lebih baik.

Segala yang terjadi di ranah kehidupan masyarakat saat ini sangat meresahkan banyak pihak. Terutama, dampak buruknya bagi anak-anak. Maraknya video mesum yang menampilkan sosok idola mereka hingga kemesraan yang dipertontonkan secara sengaja di hadapan media telah menjadi buah bibir masyarakat dan tak terkecuali anak-anak. Haruskah kita menutup mata mereka untuk hal yang tabu seperti ini?

Televisi itu adalah neraka mini berukuran 14 inchi yang siap mendikte anak-anak untuk bertindak seperti keadaannya dalam dunia penyiaran. Dibalik esensi dan  pesan moral yang bisa diambil, tentu terdapat pula kejahatan, kekerasan, pembunuhan, saling sikut, hingga adegan-adegan dewasa yang ‘mempermanis’ tayangan dunia hiburan kita saat ini. Sesungguhnya, yang perlu kita hadapi saat ini adalah perubahan zaman yang berbeda dari segala bentuk kehidupan.

Dunia anak-anak memang diidentikan dengan dunia bermain. Dan, kita sebagai yang dituakan perlu memperlakukan mereka sebagai anak-anak seusianya bukan sebagai orang dewasa. Tapi kita tidak perlu menutup telinga dan mata mereka rapat-rapat hanya sebagai bentuk kekhawatiran kita akan dampak buruk berita di media yang cenderung negatif tersebut.

Justru sebaliknya, sejak dini mereka harus tahu akan Hitam dan Putih – nya dunia dimana tempat mereka berpijak. Dan disinilah peran orangtua dalam memberikan edukasi kepada mereka tentang ‘kapan dan bagaimana kita harus memperlihatkan kasih sayang, apakah perbuatan itu baik atau buruk’ dsb. Anak tentu akan belajar membentuk pola pikirnya sendiri.

Tak terlepas dari dunia anak-anak, tentu segala kesalahan dan kekeliruan sering pula terjadi. Mereka perlu belajar. Disaat itulah mereka akan belajar untuk jatuh dari ‘luka’ yang kecil sehingga akhirnya mendapat pembelajaran. Mereka bukan sosok yang perlu dimarahi ketika salah. Tetapi disayang dan dibimbing untuk tumbuh menjadi anak-anak yang bisa dibanggakan keluarga dan negara.

Untuk seluruh anak Indonesia, Selamat Hari Anak Nasional!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: