agastrigi

Yuk, belajar memaafkan!

In Uncategorized on September 10, 2010 at 10:14 am

IDUL FITRI. Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim ini datang juga. Setelah berhari-hari menahan haus, lapar dan emosi, saat inilah momen yang pas untuk merayakan hari kemenangan yang disertai bermaaf-maafan.

Kata ‘maaf’ tentu akan sering kita dengar pada Hari Raya Idul Fitri. Ketika ucapan “Mohon maaf lahir dan batin” itu datang melalui jejaring sosial secara masal, saya merasa itu hanyalah template. Saya lebih menghargai apabila ucapan maaf itu datang secara personal.  Sebab, suatu kesalahan  baik disangaja maupun tidak tentu sudah menyakiti kita secara pribadi maupun orang yang  pernah kita buat salah tersebut. Dan, untuk kebaikan keduanya, maka maaf menjadi sakral saat momen penyampaiannya.

Itu baru proses penyampaiannya, poin pentingnya setelah meminta maaf adalah memafkan. Walaupun saya tidak merayakan Idul Fitri, namun saya ikut belajar esensi memaafkan di Hari Raya ini. Terlebih, memaafkan diri sendiri. Di bulan baik ini, saya ikut belajar menghilangkan rasa dendam dan rasa benci saya akan beberapa hal. Mencoba memaafkan segala hal yang kontradiksi dengan pikiran dan hati.

Tidak mudah memang menambal luka yang bahkan kita pun tidak tahu sebelah mana yang berlubang.  Inilah yang kemudian menjadi pemberat dari esensi memaafkan. Proses memaafkan itu kemudian selalu saja dikaitkan dengan melupakan. Terutama, bagi mereka yang memiliki ingatan yang baik, tentu sulit baginya melakukan hal yang muluk tersebut.

Kemudian, tengoklah hari ini. Seberapa banyak kesalahan yang sudah kita maupun orang lain perbuat kemudian saling memaafkan untuk kebaikan kita di masa depan?

Pelajaran yang didapat adalah, tidak melihat masa lalu itu sebagai bumerang di masa depan. Memaafkan kesalahan yang terjadi di masa lalu itu sangatlah penting. Mereka atau sesuatu itu pernah ada dalam hidup kamu pasti karena suatu alasan. Forgive everyone and remember, for everything a reason.

Nah, sudah siapkah kamu membuka hati lebar untuk memaafkan? Jika sudah, berarti kamu sudah siap untuk Lebaran!

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H

  1. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 Hijriyah,
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin,
    mari kita sambut hari esok dengan hati baru,
    dengan tingkah laku baru yang lebih baik,

    (.s.a.a.t.n.y.a…m.a.k.a.n…k.e.t.u.p.a.t.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: