agastrigi

Penang, Bikin Kepalaku Pening

In Uncategorized on September 15, 2010 at 6:51 pm

~salihguler

Skarang, tanggal berapa sih?

Oh, 15 September 2010. Spesial sih tidak ya. Hanya ingin membagi ini sebagai salah satu penipuan yang kerap kali dibicarakan masyarakat.

Awalnya begini, selagi aktivitas kampus sedang diberhentikan aka libur, maka keharusan bangun siang pun tidak boleh dilewatkan. Kemudian, pagi-pagi sekitar pukul 6, ada dua sms dari teman saya, yang isinya adalah pemberitahuan bahwa email hotmail saya di hack orang. Bukannya menganggap ini sepele, tapi saat itu saya sedang dalam kondisi setengah tidak sadar. Maka, saya memutuskan untuk kembali terlelap.

Tiga menit kemudian, ada telefon masuk dari rekan saya di WWF. Karena signal di dalam rumah saya terhambat, maka mau-tidak-mau saya harus bangun dari tempat tidur dan segera menuju ke arah luar agar bisa mendapat signal yang lebih baik. Perkataannya tidak jauh dari isi sms kedua teman saya itu. “Astri, kamu ada di Penang? Ini aku terima email dari kamu dibilangnya kamu di Penang, kehilangan dompet. Dan dia minta kirim uang..” ujarnya lewat pesawat telfon.

Saking paniknya mendengar berita dari Mbak yang satu itu, tentu saya tidak bisa kembali tidur pulas. Niat mau mengecek kondisi email malah batal karena jaringan internet di rumah saya, mati. Dan masih karena kepanikan tersebut, saya akhirnya meminta tolong untuk mengganti password kepada kedua teman yang memberitahukan saya lewat sms diawal cerita. Mereka berusaha semaksimal mungkin namun tetap saja, hasilnya nihil.

Memang tidak seberapa, tapi yang bikin keki adalah email ini sangat penting untuk hal akademis dan pekerjaan saya. Seluruh kontak ada disitu. Dan, metode penipuan ini mengirimkan berita palsu ke seluruh kontak saya. Itu dia yang buat saya rasanya pusing tujuh keliling.

Eh iya, sebagai pelajaran, berikut saya sertakan pula email yang dikirim ke seluruh kontak saya di Hotmail.

How are you doing? hope all is well, I’m very sorry i could not inform you about my trip to penang, Malaysia for a Conference. ..i need a favor from you as soon as you receive this email, kindly get back to me immediately as i am short of cash right now because i misplaced my wallet (where my money and other valuable things were kept) on my way to the hotel  i want you to assist me with a loan urgently.

I will be glad if you could assist me with $840 to sort-out my hotel bills and get myself back home. i will appreciate whatever you can afford to help me out, i will pay you back as soon as i return. kindly let me know if you can be of help? so that i can send you the details. your reply will be greatly appreciated. Thanks


So people, maaf atas pengiriman email atas nama saya Astri Novaria melalui email im_astrii@hotmail.com. Email tersebut di hack oleh seseorang dan mengubah password akun email saya. Sekali lagi, maaf atas ketidaknyamanannya karena pihak tersebut masih mengirimi ke semua kontak saya dan meminta sejumlah uang.

Pesan moralnya, buatlah selalu back-up data dan berhati-hatilah dengan segala hal mengenai identitas anda sekecil apapun itu.

Leave a Reply

