agastrigi

Everybody is a teacher: DON’T PANIC!

In Uncategorized on October 31, 2010 at 5:29 am

 

~janbk

BEBERAPA hari ini saya memang terlihat tidak bersemangat menjelang akhir bulan. Menatap agenda saya yang saling bertabrakan waktu, membuat saya terpaksa menyusun to-do-list setiap hari dan setiap jam. Mencoba semua peruntungan yang ada, tetapi ujungnya malah nggak mudah dan melelahkan. Bukannya tidak bersyukur, tetapi ada pada suatu titik dimana kita benar-benar merasa berlebihan telah memaksakan diri. Saya lupa limit saya sebagai manusia dan sebagai mahasiswi semester akhir. I feel like I’m forcing myself too hard😦

Keadaan ini awalnya memang saya rencanakan pada bulan lalu. Saya terlalu banyak main dan mencari kesenangan adalah nama tengah saya. Yang ada, kesenangan ini lambat laun menjadi monoton karena tidak menghasilkan apa-apa. Saya rindu dengan hal-hal baru yang belum pernah saya kerjakan sebelumnya. Sampai pada akhirnya, kesempatan itu datang dengan sendirinya pada awal bulan Agustus. Dan, mulai saat itu motto hidup berubah menjadi, “Work hard, Pray hard”.

This is it! Oktober is the high stake. Itu kalimat yang pernah saya tulis di akun twitter saya pada tanggal 8 Oktober 2010. Nah, dari sekian kegiatan yang harus dilakukan diakhir bulan, tugas kuliah lah yang paling menyita perhatian. Sulitnya ijin karena alasan pekerjaan tidak membuat dosen menjadi luluh dan memberikan kesempatan pada kita begitu saja. Jadi, mau tidak mau ya berkorban waktu sedikit untuk mengikuti kuliah lalu sehabis itu lanjut menjalankan pekerjaan. Mengeluh pun menjadi bentuk helaan nafas panjang yang tak kian berhenti dari mulut saya.

Di kelas mata kuliah Komunikasi Organisasi, saya bertemu dengan orang ini. Mahasiswa angkatan 2009 yang menjadi korban curhatan saya. Setelah panjang lebar bercerita,  dia pun berkata santai seperti ini..

“Kuncinya adalah jangan panik. Kalau lo panik, maka lo nggak bisa fokus ke aktivitas yang lo kerjakan. Sama seperti lo sedang mencari-cari bolpoint untuk menulis, padahal bolpoint itu tepat berada di depan lo. Tapi karena panik, lo nggak melihat keberadaan bolpoint itu. Jadi, jangan panik”.

Benar juga ya, kalau dipikir-pikir kepanikan itu sebenarnya tidak beralasan. Justru hal itu menjadi pertanda bahwa kinerja kerja kita kian melemah karena takut ini dan takut itu. Saya jadi ingat kalimat favorit yang selalu menguatkan saya, “Don’t Panic! Because, most of them are never happened.”

Semua orang pernah merasakan kepanikan. Ya, berdasarkan Kamus Bahasa Indonesia, Panik itu berarti:

bingung, gugup, atau takut dng mendadak (sehingga tidak dapat berpikir dng tenang):

Betapa sering saya “kalah” karena tidak berhasil mengatasi rasa takut. Padahal kalau saja saya bisa mengatasinya , saya bisa jadi pemenang. Seseorang disebut pemenang sejati bukanlah hasil dari pertarungannya melawan musuh, namun justru karena keberhasilannya mengalahkan diri sendiri.

Film ini mengajarkan saya tentang bagaimana mengalahkan ketakutan pada diri sendiri. (Yes, Karate Kid, I’m talking about you). Di film ini, Dre Kecil menolak untuk berakhir di semi final kejuaraan bela diri karena kakinya dihajar secara curang oleh pihak lawan, sedang lawan yang harus dihadapi di final adalah anak yang selama ini ditakuti karena telah menghajarnya berkali-kali dalam kasus bullying. Melihat ia ngotot, Pak Han lalu menanyakan mengapa ia tetap bersikeras mengikuti babak final padahal kalau ia mau berhenti sekarang saja, ia telah kalah terhormat.

Maka jawaban yang tak disangka-sangka keluar dari mulut si kecil, “Karena takut. Saya mau mengatasi rasa takut ini. Saya tidak mau keluar dari pertandingan ini dengan memiliki rasa takut. Apapun hasilnya dari pertandingan ini, saya ingin saya tahu bahwa saya telah mengatasi ketakutan ini.”

Well, semoga kalian yang membaca tulisan ini sudah terbebaskan dari rasa panik yang datang berlebihan. Control your mind, people!

1. bingung, gugup, atau takut dng mendadak (sehingga tidak dapat berpikir dng tenang): dl situasi bagaimanapun kita tidak boleh –;
ke·pa·nik·an n kegugupan (kebingungan dan ketakutan); kecemasan: kebakaran tadi malam sempat menimbulkan ~ di kalangan penduduk

Leave a Reply

